Minggu, 24 Juni 2012

Bea Siswa Sekolah KARAKTER, Angkatan I 2012

Bea siswa pelatihan Sekolah KARAKTER angkatan I, akan dimulai pada Minggu, 01 Juli 2012, tempat Vila Pertiwi, Cluster Gardenia, Blok AF/Non. 11, Jalan Raya Bogor, KM.37, Depok-Bogor. Informasi lengkap di: www.nahnoe.com, Pendaftaran silakan email ke: redaksi@nahnoe.com

Tentang Sekolah KARAKTER. Untuk sukses tidak hanya dibutuhkan prestasi akademik yang gemilang, tetapi perlu ditunjang karakter diri yang kuat. Ini mencakup  nilai-nilai spiritual (taqwa), kejujuran, cerdas, sikap optimis, kemandirian, tanggung-jawab, kepemimpinan, rasa percayaan diri, dan kepekaan sosial.

Seseorang yang sukses lazimnya memiliki kecerdasan intra personal dan inter personal yang baik. Dalam perspektif kosmis, manusia yang sukses haruslah yang ‘Habluminallah dan Habluminannas!’. Manusia memiliki dua jalur kehidupan, yaitu; hubungan vertikal (manusia dengan Tuhan)-habluminallah dan hubungan horizontal (manusia dengan manusia)-habluminannas.

Hidup di abad 21-sangat kompetitif. Hanya SDM unggul yang mampu menghadapi kerasnya kompetisi ini. Diperlukan  kompetensi- penguasaan ilmu ukhrawi & ilmu duniawi- agar  selamat di dunia dan  akhirat.
SDM Berkarakter! Karakter adalah cara berpikir dan berperilaku- yang menjadi ciri khas setiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat,  bangsa  dan  negara.  Individu  yang  ‘berkarakter  baik’ adalah individu yang dapat membuat keputusan dan siap  mempertanggung-jawabkan setiap akibat dari keputusan yang dia perbuat (Ditjen Mandikdasmen – Kementerian Pendidikan Nasional).


Karakter dan watak terkait langsung dengan ilmu Agama. Dengan memahami ilmu Agama, maka manusia mengenal Tuhan, mengenal kebajikan. Oleh sebab itu, pendidikan karakter & watak menjadi salah satu faktor penting di dalam pendidikan ilmu Agama.

Bea Siswa SEKOLAH KARAKTER! Program bea siswa ini, dipersembahkan sebagai partisipasi mewujudkan SDM Indonesia yang berkarakter: Taqwa, Jujur & Cerdas! Sekaligus sebagai da’watun naas ilallah (mengajak & menyeru manusia ke jalan Allah). Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sampaikan dariku walau hanya satu ayat”.

Metode Pelatihan. Peserta diperkenalkan konsep, teori dan rujukan yang mengacu pada Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW, kemudian dilanjutkan diskusi  berkelompok. Hasil diskusi, dipresentasikan oleh peserta. Dengan model seperti ini, peserta dituntut aktif dalam setiap materi yang diajarkan.

Peserta diberikan tugas secara regular, sehingga materi yang diajarkan akan lebih melekat dan dikuasai peserta secara lebih baik. Setelah tahapan ini, diharapkan peserta mampu mengimplementasikan semua materi yang diberikan.

Materi yang Dibahas. Dalam 10 kali pertemuan (1x/Minggu), akan dibahas dan dilatih secara komprehensif 10 IRSYAADUN (Tuntunan) Generasi Muda Muslim *), yaitu:
  1. Karakater Dasar Generasi Muda Muslim
  2. Tahap Menggapai Taqwa (+ Sholat Khusu)
  3. Memperkokoh Pilar Akidah
  4. Meneladani Kecerdasan Rasulullah SAW
  5. Metode Mengelola Waktu Efektif
  6. Membangkitkan Percaya Diri
  7. Pedoman Sukses Bermartabat
  8. Keseimbangan Hidup Tiga Dimensi
  9. Menebar Butir-Butir Kebajikan
  10. Motivasi Qurani, Jalan Menuju Ilahi

*) Pada setiap sesi pelatihan, dialokasikan waktu pengajaran  membaca Al Quran.

Tim Pembimbing: Ustadz Prio Sudiyatmoko, Dr. Kendra Hartaya, Ustadz Ibnu Agil, SHI, Ustadz Zaenal Muttaqin,Drs.Muhammad Karyanto Sumarto,MM.

Pembimbing Tamu: Ustadz Wahid, Para Praktisi Pendidikan, Motivator.

Peserta: 1. Generasi Muda Muslim (minimal kelas 2 SMP), 2. Penerima bea siswa Sekolah Karakter-Indonesia Gemilang. 3. Bersedia mengikuti pelatihan hingga selesai.

Hasil Mengikuti Pelatihan:
  • Mampu mengenali potensi diri, Mengelola waktu dengan efisien
  • Memiliki karakter yang baik sebagai muslim
  • Memiliki motivasi yang kuat bersumber pada Al Qur’an
  • Dapat membaca Al Qur’an, Melaksanakan Ibadah sesuai Sunah Rasulullah SAW.
Manajemen Sekolah KARAKTER: Drs.Muhammad Karyanto Sumarto,MM (Pendiri), Ustadz Prio Sudiyatmoko (Direktur Program)

2 komentar:

  1. Alhamdulillah akhirnya segera dimulai juga. Semoga barakah dalam prosesnya, sukses, lancar, mencetak alumni yang berkualitas Generasi Emas.

    BalasHapus
  2. Kesuksesan diawali dari langkah kecil....Sekolah KARAKTER Indonesia Gemilang, sedang memulai langkah sukses dengan melakukan langkah kecil untuk maju ke depan...!

    Syukron....

    BalasHapus